Breaking News

Jadi imam Masjid di Madinah saat usia 13 tahun


ILUSTRASI. Syekh Ali Jaber, yang merupakan ulama sekaligus pendakwah asal Madinah, meninggal dunia pada Kamis (14/1/2021). (TRIBUNNEWS/KSP)

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

MEDIA-PORTAL – JAKARTA. Syekh Ali Jaber, yang merupakan ulama sekaligus pendakwah asal Madinah, Arab Saudi, yang berkewarganegaraan Indonesia meninggal dunia pada Kamis (14/1/2021). 

Pendakwah karismatik itu meninggal dunia setelah dinyatakan mengidap penyakit Covid-19, meskipun kesehatannya sempat dikabarkan membaik. 

Ustaz Yusuf Mansur bahkan menyatakan bahwa Syekh Ali Jaber sudah dinyatakan negatif virus corona. 

Syekh Ali Jaber lahir di Madinah, 3 Februari 1976. Pada usia 10 tahun, Syekh Ali Jaber sudah mampu menghafal 30 juz Al Quran. Bahkan pada umur 13 tahun, Syekh Ali mendapat amanah untuk menjadi imam di salah satu Masjid Kota Madinah. 

Baca Juga: Syekh Ali Jaber meninggal dunia Kamis (14/1/2021)

Sebelum berdakwah di Indonesia, Syekh Ali Jaber menjalani pendidikan ibtidaiyah (dasar) hingga aliyah (menengah atas) di Madinah. Selepas dari pendidikan menengah atas, Syekh Ali Jaber melanjutkan pelajarannya dengan berguru kepada sejumlah ulama ternama di Arab Saudi. 

Saat Mengisi Pengajian di Lampung Ia mempelajari dan mendalami ilmu tafsir kepada para ulama tersebut. 

Dilansir dari Tribunnews.com, Syekh Ali Jaber mulai berdakwah di Indonesia pada 2008 dan resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada 2012. 

Baca Juga: Moeldoko: Pemerintah mengecam tindakan penusukan kepada Syekh Ali Jaber

Syekh Ali Jaber sempat menjadi juri pada acara Hafiz Indonesia dan menjadi da’i dalam berbagai kajian di beberapa stasiun televisi nasional. 

Pada 2008, Syekh Ali Jaber menikah dengan Umi Nadia, wanita asal Lombok, Nusa Tenggara Barat. Keduanya dikaruniai seorang anak yang diberi nama Hasan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Profil Syekh Ali Jaber, Pendakwah Asal Madinah yang Berkewarganegaraan Indonesia”
Penulis : Rakhmat Nur Hakim
Editor : Rakhmat Nur Hakim

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di MEDIA-PORTAL Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *